Rabu, 17 Agustus 2011

DIRGAHAYU INDONESIA KE 66 TAHUN





Usia yang sudah senja bagi usia manusia. Di umur senja ini merupakan masa dimana manusia menghabiskan waktunya dengan sisa sisa tenaganya dan merenungkan kembali apa yang telah dilakukan ini.Begitu halnya dengan bangsa Indonesia tercinta kita ini. Hari ulang tahun ini sebagai momentum untuk merenungkan kembali apa yang telah dilakukan semua elemen bangsa ini terhadap bangsa yang besar ini, apa yang sudah kita berikan guna menjadikan bangsa ini mempunyai taring dalam pergaulan internasional.


Mungkin harapan bangsa ini untuk mempunyai taring dalam pergaulan internasional terlalu berlebihan?? apakah  tepat dilontarkan frase berlebihan itu. Mungkin setiap individu mempunyai argumen sendiri yang menghantarkan tiap individu mempunyai pendapat terhadap apa saja yang telah dicapai bangsa ini. Namun dalam hal ini kenapa saya lebih berkesan menggunakan frase "berlebihan" melihat keadaan bangsa ini yang belum seutuhnya bisa berkompetensi apalagi untuk menunjukkan taringnya dalam pergaulan internasional, karena bangsa ini belum bisa memberikan sesuatu yang dibutuhkan oleh rakyatnya, dalam hal ini pemerintah yang menjalankan amanat konstitusi untuk mensejahterakan rakyatnya. Baik dalm bidang pendidikan dan ekonomi. Saya hanya menyorot tajam dalam kedua bidang ini. karena realita dilapangan memang kedua aspek ini yang sangat dibutuhkan rakyat dan itu belum secara proporsional dan merata dirasakan oleh rakyat. Di bidang ekonomi ; lapangan pekerjaan yang masih kurang dengan melihat jumlah perbandingan antara lapangan pekerjaan yang tesedia dengan jumlah penduduk bangsa indonesia saat ini, dimana jumlah pendudduk yang bertambah secara dinamis tidak dibarengi dengan lapangan pekerjaan yang dinamis pula mengikuti jumlah pertambahan penduduk. Memang tidak mungkin apabila hal itu terwujudkan, di negara manapun sangat sulit untuk mewujudkannya. Tapi yang diperhatikan saat ini bukan untuk mewujudkan perimbangan yang sempurna, namun usaha yang konkrit dari pemerintah untuk bisa menuju kesempurnaan itu.Baik itu melalui sektor ekonomi makro maupun mikro, karena bagi saya kedua aspek dalm ekonomi ini merupakan satu kesatuan yang kausalitas. Di bidang pendidikan; usaha pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan wajib belajar 9 tahun disertai dengan usaha konkrit berupa pendidikan dasar gratis merupakan sebuah kemajuan dalam pendidikan di negeri ini. Namun masih saja ada banyak penyimpangan yang menggeluti kebijakan yang menurut saya dalam dataran normatif memang hampir mendekati sempurna; saya memang tidak berani mengatakn ukuran sempurna dalam hal yang ada di dunia ini karena kesempurnaan hanya milik TUHAN semata. Masih banyak penduduk indonesia yang belum mengenyam secara utuh wajib belajar 9 tahun, masih simpang siurnya standar mutu pendidikan ditandai dengan Ujian Nasional yang setiap tahun nya akan menjadi bahan perguncingan menjelang Ujian Nasional, pro dan kontra masih menguak dengan argumentatifnya masing-masing.

Usia senja harapan semua orang adalah masa dimana untuk menikmati kehidupan dengan nyaman dan tenang tanpa memikirkan hal yang berat, karena diikuti dengan sisa-sisa tenaga yang masih ada. Namun beda dengan bangsa indonesia saat ini yang masuki usia senjanya yang harus memikirkan kesejahteraan rakyatnya dalam segala bidang, terutama pendidikan dan ekonomi. Masih ada pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh pemerintah dan itu tidak akan tuntasnya. Harapan saya sebagai generasi muda yang Insya ALLAH akan meneruskan perjuangan bangsa ini,  mudah-mudahan bangsa ini menjadi bangsa yang mampu melaksanakan dan menepati janji-janji kemerdekaan yang belum terlaksana. Dan mudah-mudahan saya bisa bisa bergabung dalam elemen penting bangsa ini agar harapan untuk mewujudkan janji kemerdekan bisa terlaksana dengan baik. TERIMAKASIH tiada taranya untuk TUHAN dan segala hormat dan kebanggaan untuk para pejuang yang telah gugur dengan keberanian dan kewibawaan mereka guna bangsa ini agar merdeka yang saat ini kita nikmati. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat menjadi pemacu pemikiran yang kritis karena saya sadari tulisan ini hanya bersifat argumentasi semata yang lahir dari individu yang menangkapnya dari aspek pribadi si penulis....DIRGAHAYU BANGSA INDONESIA KE 66 TAHUN....SEMAKIN JAYA DAN MENJADI TEMPAT NYAMAN BAGI RAKYATMU....TERIMAKASIH IBU PERTIWI INDONESIA!!!

Tidak ada komentar: